Tips Wisata Ekstrim ke Gunung Rinjani

Udah pada tau gunung Rinjani kan? Yup, Gunung Rinjani adalah salah satu gunung paling besar di Indonesia yang katanya merupakan gunung merapi yang masih aktif. Tingginya yang mencapai 3.726 meter membuat gunung ini menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci yang ada di Pulau Sumatera. Letak Gunung Rinjani ada di pulau Lombok, sebelah pulau Dewata Bali. Gunung yang pernah meletus pada tahun 1995 ini memiliki kawah yang terkenal banget, yaitu Danau Segara Anak.

Enggak hanya itu, di gunung ini juga ada sumber air panas Aik Kalak, dan 3 goa yang salah satunya merupakan objek pariwisata terkenal di gunung ini, yaitu goa Susu. Semua tempat-tempat yang udah disebutin di atas merupakan objek-objek wisata yang paling diminati di Rinjani. Nggak heran, meskipun gunung ini terkenal tangguh untuk didaki, tapi setiap tahunnya nggak sedikit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang datang untuk mendaki gunung ini. Kalo kamu termasuk pecinta kegiatan hiking dengan level yang lumayan tinggi seperti itu, nggak ada salahnya untuk treking sekalian berwisata ke gunung ini.

Akses masuk untuk mendaki Gunung Rinjani ini ada di Desa Senaru, letaknya di sebelah utara gunung. Sebenarnya banyak akses masuk lain, tapi para turis biasanya lebih memilih jalan ini, karena jalan masuknya lebih dekat dengan kawasan resor utama di Pulau Lombok. Gunung Rinjani bukan gunung sembarangan, tingkat kesulitan dan tantangannya cukup tinggi, bagi para profesional sekalipun. Persiapan yang matang sangat diperlukan sebelum mulai mendaki gunung ini. So, apa aja sih yang disiapkan sebelum mendaki Gunung Rinjani? Berikut ini beberapa tips berguna buat kamu yang akan berwisata ke Rinjani.

Untuk mencapai puncak Rinjani dibutuhkan waktu sekitar 3 hari, makanya sebelum mutusin buat mendaki, pastikan dulu bahwa kamu dalam kondisi 100% fit. Diwajibkan juga untuk bawa minimal 1 orang porter/guide, bagi yang udah jago sekalipun.  Kalo udah yakin, siapkan perlengkapan seperti beberapa stel baju, termasuk baju hangat dan jaket, stok makanan dan minuman siap saji, peralatan masak sederhana, tenda, losion anti serangga, krim otot, tisu toilet, tongkat, jas hujan untuk jaga-jaga, handuk kecil, kamera digital full charged dengan beberapa baterai cadangannya, dan alat komunikasi (handphone) full charged dengan baterai cadangannya juga. Nah, kalo wisata ke gunung-gunung seperti ini biasanya sinyal suka ngadat.  Sebelum pergi, mending kamu pake kartuHalo aja. KartuHalo jangkauan sinyalnya cukup luas. Jangankan gunung-gunung, daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau pun kalo pake kartu ini masih tetap bisa berkomunikasi. Lagian ngga cuma itu, kartu pasca bayar dari Telkomsel ini juga ngasih Best rate for IDD & Internatioal Roaming, tau kan artinya? Itu berarti nelepon ke luar negeri dan roaming internasional dengan tarif terbaik! Yang nggak kalah penting nih, internet. Jaringan HSPAnya udah kemana-mana, kecepatan aksesnya juga bisa sampai 7.2 mbps! Keren nggak tuh? So, kalo kamu udah ada di puncak, dan pengen cepet-cepet update status keberhasilan kamu menaklukkan Rinjani, atau pun nge-upload foto-foto keren kamu di puncak Rinjani, bisa langsung jalan pakai kartuHalo. Saya nggak bermaksud promosi disini, tapi hanya menyarankan saja, karena yang saya tau, kartuHalo itu memang kartu pasca bayar paling bagus di Indonesia. Back to the point, semua barang udah siap kan? Nah ketika udah mulai jalan, kamu wajib mematuhi jejak dan petunjuk jalan. Dulu ada beberapa kasus pendaki meninggal karena terjatuh dari tebing, dan katanya itu gara-gara mereka nggak mematuhi petunjuk jalan, serem kan? Selain itu kita juga harus menjaga kebersihan. Sampah-sampah bekas makanan atau bungkus lotion, mending dibawa aja jangan dibuang kemana-mana. Yang nggak kalah penting, kita harus melestarikan kekayaan alam yang ada di Rinjani. Jangan pernah ambil apapun atau ganggu kehidupan liar disana, karena itu semua adalah warisan kekayaan alam Indonesia untuk anak cucu kita nanti. Terakhir, jangan sampai lupa foto-foto karena saking asyiknya menikmati pemandangan indah disana.

Gunung Rinjani memang keren. Keindahan dan kekayaan alam baik di dalam atau pun di sekitarnya bisa menyihir para wisatawan yang datang kesana jadi lupa diri. Namun jangan terlalu terpukau dengan kecantikannya, tetap waspada dan hati-hati, karena gunung ini memang cukup tangguh untuk didaki. Mudah-mudahan beberapa tips mendaki Gunung Rinjani yang saya share disini bisa berguna. Selamat mendaki!

Advertisements

Comments are closed.